Clodi (Cloth Diaper) / Popok Kain Modern

by - Friday, November 17, 2017

Clodi (cloth diaper)


~ Clodi itu apa sih? ~

 Clodi (cloth diaper) adalah sejenis popok kain yang didesain modern sehingga bentuknya menyerupai popok sekali pakai (pospak).
Bedanya dengan pospak, clodi ini bisa dicuci-pakai berkali kaliiii dan bisa awet turun temurun bila dirawat dengan baik.

~ Jenis2 Clodi ~
Secara umum, clodi dibagi menjadi 4 jenis :
1. Clodi All Size (clodi untuk semua BB, bisa untuk newborn sampai 2/3 tahun)
2. Clodi Newborn (khusus newborn-6 kg)
3. Fitted Clodi (khusus newborn)
4. Clodi All in One (insertnya sudah dijahit jadi 1 dengan covernya)




Dari fungsinya, clodi ada 2 macam :
1. Clodi Pocket
2. Clodi Cover

Untuk bayi baru lahir sampai 3 bulanan, yang mana pipis pupnya sering, bisa jadi 10x sehari, clodi cover bisa jadi pilihan.


Sistem clodi cover, insert (alas popok)nya diletakkan di atas cover clodi. Bila insertnya sudah kena pipis/pup, tinggal ganti deh dengan insert yang lain. Cover clodinya bisa dipakai lagi sampai 3x pemakaian. Gunakan liner (kain warna merah) di atas insert agar pup tidak langsung menodai insertnya yaa, juga untuk mempermudah pencucian.

Untuk usia 3 bulan ke atas, yang pipis pupnya sudah tidak sering, bisa pakai clodi jenis pocket.
Tapi kelemahannya, kalo sudah pipis/pup, ya cover se insertnya harus diganti semua 😅 jadi harus sedia banyak clodi pocket.

Berikut perbandingan clodi pocket dan clodi cover.



~ Insert Clodi ~
Ada berbagai macam insert clodi. Sebenarnya bisa pakai jenis apa saja asal bisa menyerap air dengan baik. Berikut ini beberapa jenis insert yang saya punya.
Untuk performa, kurang lebih sama saja. Namun daya serap yang paling oke adalah yang berjenis microfiber (bahannya seperti handuk).



~ Liner Clodi ~
Liner ini menurut saya adalah perkakas wajib untuk berclodi. Sangat membantu sekaliii untuk meringankan beban cucian clodi yang terkena pup. Insert clodi jadi minim noda pup.
Di pasaran, liner ini tersedia dalam jenis yang sekali pakai, juga ada jenis cuci pakai.
Bagi yang ingin praktis, liner sekali pakai bisa jadi pilihan. Bentuknya dalam bentuk roll. jadi tinggal disobek saja bila ingin menggunakannya.

*note : bagi bayi yg kulitnya sensitif, bisa pilih liner dengan jenis "suede".



Baca juga :

You May Also Like

0 komentar

Follow Us @ameera_syakira